Ukuran Sablon A2, A3, A4, A5, A6, A7, Ketahui Sebelum Memesan

Ada begitu banyak ukuran sablon yang sebaiknya Anda ketahui sebelum membuatnya. Hal ini akan sangat penting untuk hasil akhirnya.

Apakah Anda ingin memesan kaos dengan desain sendiri yang dicetak dari Konveksi? Jika iya, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ukurannya sebelum mulai mendesain.

Size sablon kaos yang tepat akan mempengaruhi tampilan kaos yang Anda buat. Ukuran yang tepat berarti tidak kebesaran karena tidak akan bisa diaplikasikan pada kaos, tidak juga kekecilan karena tidak akan terlihat pada kaos.

Ukuran Sablon

Berbagai Ukuran Sablon yang Harus Diketahui

Sebagaimana diketahui size sangat penting dalam proses penyablonan dan akan sangat mempengaruhi hasil desain Anda. Maka dari itu, berikut ini kami sajikan berbagai jenis size untuk Anda.

  • A2 (42 cm X 59,4 cm)

Size A2 ini merupakan size paling besar dalam dunia persablonan. Jika Anda ingin mencetak full gambar pada kaos, maka size satu ini sangat tepat untuk dipilih.

  • A3 (27,9 cm X 42 cm)

Pada umumnya, ukuran sablon satu ini sering digunakan untuk kaos. Size A3 ini memang lebih cocok untuk desain berukuran sedang (tidak terlalu besar atau terlalu kecil).

  • A4 (21 cm X 29,7 cm)

Size A4 juga terbilang tidak terlalu besar. Maka jika Anda mendesain untuk bagian depan, size ini cocok digunakan.

  • A5 (21 cm X 14,8 cm)

Size satu ini terbilang cukup kecil. Maka dari itu penggunaannya biasa terletak di bagian tengah depan, bagian belakang punggung atas, serta bagian kiri atau kanan depan.

  • A6 (14,8 cm X 10,5 cm)

Ukuran sablon satu ini lebih kecil lagi daripada A5. Maka dari itu penempatannya biasanya lebih fleksibel, terlihat lebih bagus dibagian mana.

  • A7 (7,4 cm X 10,5 cm)

Size A7 adalah size yang paling kecil dalam persablonan, biasanya digunakan untuk mencetak logo. Penempatannya biasanya pada bagian belakang punggung atas, serta pada bagian depan dada kiri atau kanan.

BACA JUGA:

Hal-hal Penting Sebelum Menentukan Ukuran Sablon

Selain masalah size, ada beberapa hal yang juga harus Anda ketahui, apalagi jika ingin membuat sablonan kaos dalam jumlah banyak. Berikut ini penjelasannya :

  1. Resolusi Gambar

Resolusi gambar merupakan hal penting karena semakin besar ukurannya, maka resolusi gambar/desain yang digunakan juga harus semakin tinggi. Hal itu dilakukan agar hasilnya lebih bagus dan detailnya bisa terlihat dengan jelas.

  1. Harga

Size sablon kaos mempengaruhi harga kaos menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Semakin besar desainnya, maka semakin banyak tinta sablon yang digunakan dan semakin tinggi pula harganya.

  1. Jenis Sablonnya

Hal yang tak kalah penting adalah perhatikan dan tentukan jenis sablonnya. Perhatikan jenis sablon apa yang cocok dengan hasil desain Anda.

Sablon sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Sablon plastisol (plastisol emas, plastisol standar, plastisol raster), High density (menghasilkan efek 3D), Karet rubber, Super white, Discharge, Pigment, Glow in the dark, Flocking, Foil, dan Foam atau cat timbul.

  1. Fasilitas Sampel Produk

Konveksi biasanya membuat sampel T-shirt sebelum produksi massal. Cobalah membuat contoh kaos dengan desain sablon Anda, kemudian lihat tampilannya, dan apabila masih dirasa kurang cobalah modifikasi size atau desainnya jika memang diperlukan.

Dunia persablonan saat ini memang sedang marak-maraknya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada desain Anda, ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah ukuran sablon.